Ninik Sulistyani

Ninik Sulistyani,S.Pd.M.Pd. Lahir Madiun 19 Mei 1968 Instansi SMP Negeri 3 Ngawi Jatim Selain sebagai guru juga sebagai Tutor di Universutas Terbuka Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

MENDAMAIKAN MASA LALU DAN MENENTUKAN MASA DEPAN

_MENDAMAIKAN MASA LALU DAN MENENTUKAN MASA DEPAN_*

Saudaraku,

Jangan sekalipun kita menyesali masa lalu dan merisaukan masa depan. Kita tidak perlu menyesali *bulan Ramadhan yang telah kita berlalu* dan kita tidak perlu merisaukan bulan Syawal yang sedang kita jalani. Kita terus usahakan dengan meningkatkan amaliah ibadah di bulan Syawal. Tidak perlu kita risaukan kapan Covid-19 akan berakhir, karena semua yang terjadi adalah atas kehendak *الله* Azza wa Jalla. Dia sudah menakar beban ujian sesuai kemampuan hamba-Nya, sehingga dapat dipastikan setiap hamba-Nya akan mampu melaluinya...

Saudaraku,

Kekuatan terbesar dalam diri kita adalah semangat hidup yang tak pernah sirna. Semangat itulah yang akan terus tumbuh selama kita senantiasa berdoa, berusaha dan berserah diri kepada *الله* Azza wa Jalla...

Betapa banyak orang yang tidak memiliki semangat hidup karena tersandera oleh masa lalu dan masa depan...

Kita hidup beryukur atas masa lalu dan bersabar atas masa depan inilah yang akan mendamaikan masa lalu dan menentukan masa depan kita...

*Setiap hari adalah kesempatan kita untuk seolah-olah terlahir kembali dengan hidup kita yang baru*, harapan baru dan semangat baru. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja dengan sia-sia. Syukurilah setiap sisa waktu yang masih kita miliki, karena waktu sangat berharga dan sangat terbatas...

Saudaraku,

Al Imam al Muwaffaq Muhammad as Safarayniy rahimahullah berkata,

“فاغتنم رحمك الله حياتك النَّفيسة، واحتفظ بأوقاتك العزيزة، واعلم أن مدَّة حياتِك محدودةٌ، وأنفاسك معدودةٌ، فكلُّ نفسٍ ينقص به جزء منك

"Manfaatkanlah, semoga *الله* Azza wa Jalla merahmatimu, hidupmu yang berharga, jagalah sebaik-baiknya waktumu yang mahal, dan ketahuilah bahwa masa hidupmu terbatas, nafas-nafasmu bisa dihitung, jadi setiap nafasmu akan mengurangi bagian dirimu."

والعمر كله قصير، والباقي منه هو اليسير، وكل جزءٍ منه جوهرةٌ نفيسةٌ لا عدل لها، ولا خُلف منها، فإنَّ بهذه الحياة اليسيرة خلودُ الأبد في النَّعيم، أو العذاب الأليم

"Umur semuanya pendek, yang tersisa darinya sedikit, dan setiap bagian darinya merupakan permata yang sangat berharga yang tidak ada bandingannya dan tidak tergantikan, karena dengan hidup yang pendek ini akan diraih kekekalan abadi dalam kenikmatan atau adzab yang pedih."

وإذا عادلتَ هذه الحياة بخلود الأبد علمتَ أنَّ كلَّ نَفَسٍ يعدلُ أكثر من ألف ألف ألف عام في نعيم لا خطر له، أو خلاف ذلك، وما كان هكذا فلا قيمة له

"Dan jika engkau membandingkan kehidupan ini dengan kekekalan abadi, engkau akan mengetahui bahwa setiap nafas sebanding dengan beribu-ribu tahun dalam kenikmatan yang tidak pernah terbayangkan, atau sebaliknya (dalam adzab) dan apa yang keadaannya seperti ini maka tidak ada harganya."

فلا تُضَيِّع جواهرَ عُمركَ النَّفيسة بغير عملٍ، ولا تذهبهَا بغير عوضٍ، واجتهد أن لا يخلو نَفسٌ من أنفاسك إلاَّ في عَمَلِ طاعةٍ أو قربةٍ تتقرب به

"Maka jangan engkau sia-siakan permata umurmu yang sangat berharga tanpa amal, jangan habiskan tanpa pengganti, dan bersungguh-sungguhlah jangan sampai satu nafas dari nafas-nafasmu kosong kecuali dalam ketaatan atau apa saja yang dengannya engkau mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla."

فإنَّك لو كانت معك جوهرةٌ من جواهر الدُّنيا لَسَاءَكَ ذهابها فكيف تُفَرِّطُ في ساعاتك وأوقاتك، وكيف لا تحزن على عُمرك الذَّاهب بغير عوض

"Karena sungguh seandainya engkau memiliki sebuah permata dari permata-permata dunia, pasti kehilangannya akan membuatmu sangat bersedih, maka bagaimana engkau menyia-nyiakan saat-saat dan waktu-waktumu, dan bagaimana engkau tidak bersedih terhadap umurmu yang berlalu tanpa pengganti."

(Ghadzaul Albab Syarh Manzhumatul Adab, II/351)

Semoga *الله* Azza wa Jalla mengaruniakan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita tetap istiqomah senantiasa memanfaatkan sisa dari waktu kehidupan kita dengan sebaik-baiknya, tidak ada waktu yang terlewatkan tanpa amal kebaikan, barang satu detikpun untuk meraih ridha-Nya...

Aamiin Ya Rabb.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pengingat dan nasihatnya bu..

29 May
Balas

Terima kasih pengingat dan nasihatnya bu..

29 May
Balas

Terima kasih pengingat dan nasihatnya bu..

29 May
Balas

Bagus bgt bu

29 May
Balas

Trmksh bund....muhasabah diri...

29 May
Balas



search

New Post